Senin, 16 April 2018

Parfum XYZ Etika Dalam Bisnis

Iklan merupakan suatu bentuk promosi secara langsung maupun melalui media, baik media elektronik ataupun media cetak yang bersifat mengajak atau memberikan informasi. Umumnya yang diiklankan berbentuk barang maupun jasa dengan tujuan agar khalayak ramai tertarik dan berminat untuk membeli produk yang diiklankan. Pada kali ini penulis membahas tentang Parfum XYZ pada etika dalam bisnis dalam periklanan. 



Parfum XYZ adalah parfum pria. Dalam tayangan iklannya, menampilkan seorang pria yang memakai parfum tersebut sebelum  tidur  dan saat tidur tiba-tiba ada empat bidadari berpakaian seksi silih berganti datang untuk menggodanya, sampai keempat bidadari ini bertengakar satu sama lain dalam mendapatkan pria tersebut. Dalam pemahaman penulis, iklan tersebut bermaksud menyampaikan pesan bahwa dengan memakai produk parfum XYZ tersebut, maka kita akan memiliki keharuman yang mempesona setiap orang yang lewat di sekitar kita, sehingga kita menjadi pusat perhatian dan secara otomatis akan membangkitkan percaya diri bagi pria yang memakainya.

Namun di sisi lain, tayangan tersebut menjadi tidak layak untuk di saksikan oleh anak kecil maupun remaja dibawah umur, karena iklan tersebut cukup mengumbar sensualitas empat bidadari tersebut dalam balutan pakaian yang minim. Jika anak-anak melihat tayangan tersebut, maka akan menimbulkan keinginan tertentu, bahkan mungkin berfantasi yang tidak seharusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar